Selasa, 02 Desember 2014

Tips Bersepeda Sehat Untuk Keluarga Anda

Tips Bersepeda Sehat
Tips Bersepeda Sehat ini akan sangat mencerahkan anda. Karena bersepeda saat ini sudah menjadi trend dan kebiasaan di masayarakat perkotaan di Indonesia. Tengoklah pada akhir pekan begitu banyak keluarga bersepeda berkeliling lingkungan sekitar perumahan atau bahkan disaat hari kerja, semakin banyak pula yang bersepeda menuju ke tempat kerja atau kantornya. Yang lebih unik dan menarik kegiatan bersepeda beberapa tahun belakangan tidak hanya dilakukan oleh para orang tua, namun banyak juga generasi muda yang  mulai menyenangi kegiatan bersepeda ini.

Bagi anda yang mulai tertarik untuk bersepeda berikut akan kami paparkan beberapa hal manfaat dari Tips Bersepeda Sehat Berdasarkan Pengalaman kami sebagai pencinta sepeda.  Manfaat bersepeda diantaranya adalah sebagai salah satu cara mudah dan menyenangkan untuk berolah raga. Dengan bersepeda anda hanya perlu mengeluarkan uang satu kali untuk membeli sepeda. Setelah itu anda dapat bersepeda sepanjang tahun dengan tidak perlu mengeluarkan uang lagi.  
Manfaat lain dari bersepeda adalah membiasakan pola hidup sehat. Tanpa kita sadari mungkin saja kita tidak mengontrol makanan yang kita asup. Apalagi dengan begitu banyaknya makanan junk food di pasaran. Maka bersepeda diyakini oleh para pakar kesehatan dunia dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung. Dengan bersepeda selama 1 (satu) jam saja diprediksi dapat membakar lemak lebih dari 500kkl tubuh.  
Dengan bersepeda kitapun dapat melatih kekuatan otot kaki dan menyehatkan badan serta jantung kita. Dengan mengayuh pedal ketika bersepeda otot kaki akan terus terlatih & bergerak. Demikian pula dengan bagian betis dan juga otot tangan dan pundak yang menjadi tumpuan akan terlatih dan terbentuk meskipun kita hanya bersepeda minimal 2 kali dalam seminggu.
Begitu banyaknya manfaat bersepeda dan agar kita mendapatkan seluruh manfaat tersebut secara maksimal serta terhindar dari resiko cedera, maka beberapa hal berikut sebagai Tips Bersepeda Sehat harus kita perhatikan.
Pertama, pastikan bagian-bagian penting dari sepeda kita seperti kondisi rem dan ban benar-benar dalam kondisi yang aman sehingga dapat meminimalisir resiko yang akan mengganggu perjalanan atau bahkan resiko kecelakaan yang mungkin terjadi.
Kedua, lakukanlah pemanasan pada otot-otot bagian bawah tubuh anda mulai dari pinggang, paha dan betis anda.
Ketiga,  lengkapi sarana keamanan dalam anda bersepda sepeti helm, sepatu, kaos kaki, kacamata teduh dan sarung tangan, serta perlengkapan lain yang biasa anda perlukan.
Keempat, ketika anda mulai mengayuh sepeda di awal-awal ssekira 5-10 menit, lakukanlah dengan perlahan-lahan dulu. Ini sebagai bentuk pemanasan dan agar otot-otot anda tidak kaget  dan dapat menyesuaikan dengan sepedanya. 
Kelima, saat anda mengayuh sepeda anda biasakan untuk mengayuh pedal dalam satu putaran penuh, dan jangan setengah-setengah. Dengan kecepatan yang dianjurkan adalah dengan averages (rata-rata) 27 Km/jam. Kecepatan inilah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita tanpa berlebihan. Ketika menjelang selesai bersepedapun, anda  harus melakukan pendinginan dengan cara mengurangi kecepatan kayuhan anda semakin perlahan-lahan selama 10 menit terakhir anda bersepeda.

Bersepeda disebagian besar negera-negara maju sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Karena selain mendapat manfaat kesehatan, dengan bersepeda kita juga turut mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor. Demikian Tips Bersepeda Sehat Untuk Keluarga anda.

Ditulis Oleh : dWin // 16.04
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
About UsContact UsPrivacy PolicyDMCA
Copyright © 2014 Sepeda Murah Sehat